Mengembalikan File Penting yang Terhapus di Komputer Atau Laptop

Cara Mengembalikan File Penting yang Terhapus di Komputer Atau Laptop. File penting kita tidak ada di kompi.!! kemana coba? Nah hal ini yang sering saya alami ketika hendak menggunakan data eh ternyata filenya gak ada. Saya sempat galau, risau dan gundah karena data penting tersebut dicari-cari tidak ada pada komputer atau laptop yang biasa saya pakai. Ma nanyain ke orang sekitar ga da yang peduli, mau nangis ga ada yang kasian, Maklumlah namanya juga komputer bersama, siapapun boleh menggunakannya, mau download ataupun menghapus data seperti lagu, video bahkan data dan sofware.

Ketika data dalam komputer terhapus karena virus atau karena yang lain saya bingung bagaimana cara untuk mengembalikan data yang terhapus tersebut. Akhirnya setelah saya tanya sana sini dan googling kesana kemari akhirnya dapat juga cara untuk mengembalikan file yang terhapus di komputer atau laptop kita. Berikut beberapa cara untuk mengembalikan file yang hilang dikomputer atau laptop yang biasa ita gunakan.

Mengembalikan File Penting yang Terhapus di Komputer Atau Laptop

1. Cek Recycle Bin di Komputer atau Laptop

Sebagian besar sih jarang mengetahui apa kegunaan Recycle Bin yang ada di Komputer atau Laptop. Recycle Bin yang telah terpasang secara default di window komputer ini ternyata berfungsi sebagai tempat tersimpannya file-file yang telah kita hapus, atau bisa dikatakan Recycle Bin adalah tempat berkumpulnya file sampah yang telah kita buang.

Reycle Bin

Pada dasarnya file yang telah dihapus itu ternyata dipindahkan secara otomatis tanpa kita sadari di Recycle Bin. Maka dengan demikian kita tinggal cek kembali Recycle Bin lalu ambil kembal file yang terhapus atau yang dicari di kotak Recycle Bin tersebut. Caranya :

Reycle Bin

Arahkan kursor Anda pada kotak Recycle Bin lalu kik kanan, kemudian silahkan buka. Maka akan muncul berbagai macam file yang telah dihapus dengan atau tanpa sengaja. Lalu silahkan pilih file mana yang akan kita ambil kembali lalu klik restore. Maka file yang telah terhapus akan kembali kita dapatkan.

2. Fitur Restore Previous Versions

Bagaimana jika pada Recycle Bin tidak juga ditemukan file yang hilang tersebut? Tenang.. tong waka geumpeur masih ada cara lain untuk mengembalikan file yang hilang tersebut yakni dengan menggunakan Fitur Restore Previous Versions.

Restore Previous Versions

Restore Previous Versions

Begimana atuh cara menggunakan Fitur Restore Previous Versions?

Cara ini paling gampang kok, Anda tinggal masuk ke file tempat tersimpannya file yang terhapus itu kemudian klik kanan, lalu pilih Fitur Restore Previous Version. Akan tampil seperti gambar diatas ini lalu silahkan pilih tab Previous Versions, lalu restore polder terakhir yang kamu ingat, beres we dach..

3. Cek Data Backup File

Jika Anda terbiasa atau rutin membackup data file pada komputer atau laptop pasti tak perlu khawatir karena data akan tersimpan dengan aman. Cobalah ingat kembali apakah data tersebut hilangnya sebelum atau sesudah Anda membackup file.

Silahkan cek kembali data eksternal pada Harddisk, Flashdisk, CD/DVD di komputer atau laptop Anda. Jika tidak ditemukan mungkin ini merupakan suatu pembelajaran bagi Anda bahwa sangatlah penting membackup data secara berkala agar jika data terhapus dengan atau tanpa sengaja data kita tetap aman.

4. Gunakan Software Khusus

Jika ketiga cara diatas tidak juga ditemukan data kita yang hilang, maka alternatif terakhir ya dengan menggunakan sofwer khusus recovery data. Sofware recovery data ini banyak tersedia di Internet, ada yang gratis ada juga yang berbayar seperti Recuva, MiniTool Partition Recovery, Wise Data Recovery,dan PC Inspector File Recovery. Silahkan Anda instal sofwarenya dan ikuti panduan pada sofware yang Anda pilih (tiap sofware berbeda-beda panduannya) agar file penting kita dapat kembali kita gunakan.

Demikianlah beberapa cara untuk mengembalikan data yang hilang karena dihapus, terhapus ataupun hilang karena virus pada komputer atau laptop yang kita gunakan. Semoga bermanfaat

0 Response to "Mengembalikan File Penting yang Terhapus di Komputer Atau Laptop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel