Contoh 8 Hari Membuat RKH RPPH PAUD Tema Binatang

8 Contoh Membuat RKH RPPH PAUD Tema Binatang. Contoh membuat Rencana Kegiatan Harian (RKH) atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian  (RPPH) PAUD dan TK untuk tema binatang. Artikel ini saya buat khusus bagi Anda yang membutuhkan beberapa contoh RPPH tema binatang terutama bagi Anda para guru PAUD yang mesti terbiasa untuk membuka RPPH dan RPPM untuk konsep mengajar sehari-hari. Dan juga artikel ini cocok bagi Anda sebagai calon guru sebagai bahan ujian atau panduan tugas / diklat atau apapun itu dimana contoh konsep pembuatan RPPH ini dapat membantu.

Pada dasarnya untuk membuat RPPH haruslah pengembangan dari peta konsep yang di kembangkan menjadi beberapa sub konsep itu sendiri. Seperti contohnya kita buat tema binatang dan bisa diambil menjadi beberapa sub yakni binatang darat, binatang laut, binatang melata, binatang berkaki dua dan lain seterusnya. Berikut contoh Rencana Pembelajaran Harian (RPPH) untuk PAUD dan TK dengan Tema Binatang.

Contoh RPPH Tema Binatang



Santika ngajar PAUD


RANCANGAN KEGIATAN HARIAN (hari ke-1)

Sentra/Area/Kelp    : Kelompok Usia  4-5 tahun
Tema/Sub Tema    : Binatang / Binatang hidup di darat
Hari/Tanggal        : Senin 05 November 2018
Semester/Minggu    : 1/17
Tujuan   
1.    Mengenal binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
2.    Mengenal macam-macam binatang
3.    Mengenal bentuk, warna, dan keunikan binatang
4.    Mengenal keaksaraan dengan menghitung jumlah binatang
5.    Mengenal keaksaraan dengan mengenalkan huruf pembentuk nama binatang


Waktu Kegiatan Alat
dan Bahan
07:45-08:00 A. Kegiatan Fisik dan motorik kasar
  • Bermain ayunan
  • Bermain bola
  • Bernyanyi sambil berolahraga
  • Baris berbaris
  • Playground
  • Perosotan
  • Bola
  • Kecrekan
08.00–08.30 B. Pembukaan
  • kegiatan awal (Penyambutan)
  • Kegiatan berkumpul (Baris di halaman)
  • Pengkondisian di kelas
  • Berdoa sebelum belajar
  • Surat Pendek dan doa pendek
  • Absensi Anak-anak dengan nyanyian
  • Kecrekan
  • Buku absensi anak
08.30–09.00 C. Inti
  • Pijakan Sebelum bermain :
  • Membahas sub tema binatang
  • Pijakan saat bermain
  • Mengenal macam-macam binatang
  • Menggambar dan mewarnai gambar ayam dengan meniru dari puzzle binatang
  • Mengeja huruf “AYAM”
  • Buku Pedoman Guru
  • Alat peraga
  • Puzzle binatang
  • LKS/Kertas gambar
  • Pensil
  • Pensil warna
  • Krayon
09.30-10.0 D. Penutup
  • Pijakan Setelah bermain
  • Membereskan alat-alat Permainan
  • Menceritakan perasaannya setelah bermain
  • Recalling tentang sub tema binatang
  • Do’a akhir pertemuan
  • Kecrekan


RANCANGAN KEGIATAN HARIAN (hari ke-2)

Sentra/Area/Kelp    : Kelompok Usia  4-5 tahun
Tema/Sub Tema    : Binatang / Binatang hidup di darat
Hari/Tanggal        : Selasa 06 November 2018
Semester/Minggu    : 1/17
Tujuan 
1.    Mengenal binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
2.    Mengenal macam-macam binatang
3.    Mengenal bentuk, warna, dan keunikan binatang
4.    Mengenal keaksaraan dengan menghitung jumlah binatang
5.    Mengenal keaksaraan dengan mengenalkan huruf pembentuk nama binatang

Waktu Kegiatan Alat
dan bahan
07.45-08:00 A. Kegiatan Fisik dan motorik kasar
  • Bermain ayunan
  • Bermain bola
  • Bernyanyi sambil berolahraga
  • Baris berbaris
  • Playground
  • Perosotan
  • Bola
  • Kecrekan
08.00–08.30 B. Pembukaan
  • kegiatan awal (Penyambutan)
  • Kegiatan berkumpul (Baris di halaman)
  • Pengkondisian di kelas
  • Berdoa sebelum belajar
  • Surat Pendek dan doa pendek
  • Absensi Anak-anak dengan nyanyian
  • Kecrekan
  • Buku absensi anak
08.00–09.00 C. Inti
Pijakan sebelum bermain
  • Membahas sub tema binatang
  • Pijakan saat bermain
  • Mengamati kelinci
  • Memilih makanan kelinci
  • Menebali garis pada gambar kelinci
Buku pedoman
Membuat kolase Kelinci
LKS/kertas gambar
Pensil Kertas
Crayon
Wortel
09.30-10.00 D. Penutup
  • Pijakan Setelah bermain
  • Membereskan alat-alat Permainan
  • Menceritakan perasaannya setelah bermain
  • Recalling tentang sub tema binatang
  • Do’a akhir pertemuan
  • Kecrekan



RANCANGAN KEGIATAN HARIAN (hari ke-3)

Sentra/Area/Kelp    : Kelompok Usia  4-5 tahun
Tema/Sub Tema    : Binatang / Binatang hidup di darat
Hari/Tanggal        : Rabu 07 November 2018
Semester/Minggu    : 1/17
Tujuan 
1.    Mengenal binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
2.    Mengenal macam-macam binatang
3.    Mengenal bentuk, warna, dan keunikan binatang
4.    Mengenal keaksaraan dengan menghitung jumlah binatang
5.    Mengenal keaksaraan dengan mengenalkan huruf pembentuk nama binatang


Waktu Kegiatan Alat
dan Bahan
07.45-08:00 A. Kegiatan Fisik dan motorik kasar
  • Bermain ayunan
  • Bermain bola
  • Bernyanyi sambil berolahraga
  • Baris berbaris
  • Playground
  • Perosotan
  • Bola
  • Kecrekan
08.00–08.30 B. Pembukaan
  • kegiatan awal (Penyambutan)
  • Kegiatan berkumpul (Baris di halaman)
  • Pengkondisian di kelas
  • Berdoa sebelum belajar
  • Surat Pendek dan doa pendek
  • Absensi Anak-anak dengan nyanyian
  • Kecrekan
  • Buku absensi anak
08.30–09.00 C. Inti
Pijakan sebelum bermain

  • Membahas sub tema binatang

Pijakan saat bermain

  • Mengamati bentuk monyet
  • Memilih makanan monyet
  • Menirukan suara monyet
  • Menebali garis pada gambar monyet
  • Menirukan syair pada lagu tepuk monyet



  • Buku pedoman
  • Puzzle monyet
  • LKS/kertas gambar
  • Pensil Kertas
  • Pensil warna
  • Crayon
  • Pisang


09.30-10.00 D. Penutup
  • Pijakan Setelah bermain
  • Membereskan alat-alat Permainan
  • Menceritakan perasaannya setelah bermain
  • Recalling tentang sub tema binatang
  • Do’a akhir pertemuan

  • Kecrekan


RANCANGAN KEGIATAN HARIAN (hari ke-4)

Sentra/Area/Kelp    : Kelompok Usia  4-5 tahun
Tema/Sub Tema    : Binatang / Binatang hidup di darat
Hari/Tanggal        : Kamis 08 November 2018
Semester/Minggu    : 1/17
Tujuan 
1.    Mengenal binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
2.    Mengenal macam-macam binatang
3.    Mengenal bentuk, warna, dan keunikan binatang
4.    Mengenal keaksaraan dengan menghitung jumlah binatang
5.    Mengenal keaksaraan dengan mengenalkan huruf pembentuk nama binatang
Waktu Kegiatan Alat
dan Bahan
07.45/08:00 A. Kegiatan Fisik dan motorik kasar
  • Bermain ayunan
  • Bermain bola
  • Bernyanyi sambil berolahraga
  • Baris berbaris
  • Playground
  • Perosotan
  • Bola
  • Kecrekan
08.00-08.30 B. Pembukaan
  • kegiatan awal (Penyambutan)
  • Kegiatan berkumpul (Baris di halaman)
  • Pengkondisian di kelas
  • Berdoa sebelum belajar
  • Surat Pendek dan doa pendek
  • Absensi Anak-anak dengan nyanyian
  • Kecrekan
  • Buku absensi anak
08.30-09.00 C. Inti
Pijakan sebelum bermain
Membahas sub tema binatang
Pijakan saat bermain
Mengamati bentuk gajah
Mewarnai gambar gajah
Menggunting dan menempel kertas warna menjadi bentuk gajah
Membaca buku cerita bergambar

Buku pedoman
Kolase
Gajah mainan
LKS/kertas gambar
Pensil Kertas
Pensil warna
Crayon
09.30-10.00 D. Penutup
  • Pijakan Setelah bermain
  • Membereskan alat-alat Permainan
  • Menceritakan perasaannya setelah bermain
  • Recalling tentang sub tema binatang
  • Do’a akhir pertemuan
Kecrekan


RANCANGAN KEGIATAN HARIAN (hari ke-5)

Sentra/Area/Kelp    : Kelompok Usia  4-5 tahun
Tema/Sub Tema    : Binatang / Binatang hidup di darat
Hari/Tanggal        : Senin 12 November 2018
Semester/Minggu    : 1/18
Tujuan 
1.    Mengenal binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
2.    Mengenal macam-macam binatang
3.    Mengenal bentuk, warna, dan keunikan binatang
4.    Mengenal keaksaraan dengan menghitung jumlah binatang
5.    Mengenal keaksaraan dengan mengenalkan huruf pembentuk nama binatang
Waktu Kegiatan Alat
dan Bahan
07.45-08:00 A. Kegiatan Fisik dan motorik kasar
  • Bermain ayunan
  • Bermain bola
  • Bernyanyi sambil berolahraga
  • Baris berbaris
  • Playground
  • Perosotan
  • Bola
  • Kecrekan
08:00-08:30 B. Pembukaan
  • kegiatan awal (Penyambutan)
  • Kegiatan berkumpul (Baris di halaman)
  • Pengkondisian di kelas
  • Berdoa sebelum belajar
  • Surat Pendek dan doa pendek
  • Absensi Anak-anak dengan nyanyian
  • Kecrekan
  • Buku absensi anak
08:30-09:30 C. Inti

  • Membahas sub tema binatang
  • Menirukan suara kambing
  • Meniru tulisan kambing
  • Kolase gambar kambing dengan kapas
  • Membuat kandang binatang dengan balok

  • Buku pedoman guru
  • Alat peraga
  • LKS/Kertas gambar
  • Kolase Kambing
  • Kapas
  • Balok
09.30-10.00 D. Penutup
  • Pijakan Setelah bermain
  • Membereskan alat-alat Permainan
  • Menceritakan perasaannya setelah bermain
  • Recalling tentang sub tema binatang
  • Do’a akhir pertemuan
  • Kecrekan


RANCANGAN KEGIATAN HARIAN (hari ke-6)

Sentra/Area/Kelp    : Kelompok Usia  4-5 tahun
Tema/Sub Tema    : Binatang / Binatang hidup di darat
Hari/Tanggal        : Selasa 13 November 2018
Semester/Minggu    : 1/18
Tujuan 
1.    Mengenal binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
2.    Mengenal macam-macam binatang
3.    Mengenal bentuk, warna, dan keunikan binatang
4.    Mengenal keaksaraan dengan menghitung jumlah binatang
5.    Mengenal keaksaraan dengan mengenalkan huruf pembentuk nama binatang
Waktu Kegiatan Alat
dan Bahan
07.45-08:00 A. Kegiatan Fisik dan motorik kasar
  • Bermain ayunan
  • Bermain bola
  • Bernyanyi sambil berolahraga
  • Baris berbaris
  • Playground
  • Perosotan
  • Bola
  • Kecrekan
08:00-08:30 B. Pembukaan
  • kegiatan awal (Penyambutan)
  • Kegiatan berkumpul (Baris di halaman)
  • Pengkondisian di kelas
  • Berdoa sebelum belajar
  • Surat Pendek dan doa pendek
  • Absensi Anak-anak dengan nyanyian
  • Kecrekan
  • Buku absensi anak
08:30-09:30 C. Inti

  • Membahas sub tema binatang
  • Menirukan suara sapi
  • Menghitung jumlah kaki sapi
  • Mewarnai gambar sap
  • Membuat kandang binatang dengan balok-balok



  • Buku pedoman guru
  • Alat peraga
  • LKS/Kertas gambar
  • Pensil warna
  • Crayon
  • Balok
09.30-10.00 D. Penutup
  • Pijakan Setelah bermain
  • Membereskan alat-alat Permainan
  • Menceritakan perasaannya setelah bermain
  • Recalling tentang sub tema binatang
  • Do’a akhir pertemuan
  • Kecrekan


RANCANGAN KEGIATAN HARIAN (hari ke-7)

Sentra/Area/Kelp    : Kelompok Usia  4-5 tahun
Tema/Sub Tema    : Binatang / Binatang hidup di darat
Hari/Tanggal        : Rabu 14 November 2018
Semester/Minggu    : 1/18
Tujuan 
1.    Mengenal binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
2.    Mengenal macam-macam binatang
3.    Mengenal bentuk, warna, dan keunikan binatang
4.    Mengenal keaksaraan dengan menghitung jumlah binatang
5.    Mengenal keaksaraan dengan mengenalkan huruf pembentuk nama binatang
Waktu Kegiatan Alat
dan Bahan
07:45-08:00 A. Kegiatan Fisik dan motorik kasar
  • Bermain ayunan
  • Bermain bola
  • Bernyanyi sambil berolahraga
  • Baris berbaris
  • Playground
  • Perosotan
  • Bola
  • Kecrekan
08:00-08:30 B. Pembukaan
  • kegiatan awal (Penyambutan)
  • Kegiatan berkumpul (Baris di halaman)
  • Pengkondisian di kelas
  • Berdoa sebelum belajar
  • Surat Pendek dan doa pendek
  • Absensi Anak-anak dengan nyanyian
  • Kecrekan
  • Buku absensi anak
08:30-09:30 C. Inti

  • Membahas sub tema binatang
  • Mencari jejak gambar kucing
  • Menghitung bentuk-bentuk geometri pada gambar kucing
  • Membuat kolase gambar kucing
  • Bersyair lagu kucing



  • Buku pedoman guru
  • Alat peraga
  • LKS/Kertas gambar
  • Kolase


09.30-10.00 D. Penutup
  • Membereskan alat-alat Permainan
  • Menceritakan perasaannya setelah bermain
  • Recalling tentang sub tema binatang
  • Do’a akhir pertemuan

  • Kecrekan


RANCANGAN KEGIATAN HARIAN (hari ke-8)

Sentra/Area/Kelp    : Kelompok Usia  4-5 tahun
Tema/Sub Tema    : Binatang / Binatang hidup di darat
Hari/Tanggal        : Kamis 15 November 2018
Semester/Minggu    : 1/18
Tujuan 
1.    Mengenal binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan
2.    Mengenal macam-macam binatang
3.    Mengenal bentuk, warna, dan keunikan binatang
4.    Mengenal keaksaraan dengan menghitung jumlah binatang
5.    Mengenal keaksaraan dengan mengenalkan huruf pembentuk nama binatang
Waktu Kegiatan Alat
dan Bahan
07.45-08:00 A. Kegiatan Fisik dan motorik kasar
  • Bermain ayunan
  • Bermain bola
  • Bernyanyi sambil berolahraga
  • Baris berbaris
  • Playground
  • Perosotan
  • Bola
  • Kecrekan
08:00-08:30 B. Pembukaan
  • kegiatan awal (Penyambutan)
  • Kegiatan berkumpul (Baris di halaman)
  • Pengkondisian di kelas
  • Berdoa sebelum belajar
  • Surat Pendek dan doa pendek
  • Absensi Anak-anak dengan nyanyian

  • Kecrekan
  • Buku absensi anak


08:30-09.30 C. Inti
Pijakan sebelum bermain

  • Membahas sub tema binatang
  • Pijakan saat bermain
  • Mengamati bentuk jerapah
  • Mewarnai gambar jerapa
  • Menggunting dan menempel kertas warna menjadi bentuk jerapah
  • Membaca buku cerita bergambar



  • Buku pedoman guru
  • Alat peraga
  • Burung mainan
  • LKS/Kertas gambar
  • Pensil
  • Pensil warna
  • Krayon


09.30-10.00 D. Penutup
  • Pijakan Setelah bermain
  • Membereskan alat-alat Permainan
  • Menceritakan perasaannya setelah bermain
  • Recalling tentang sub tema binatang
  • Do’a akhir pertemuan

  • Kecrekan

Demikianlah Artikel tentang contoh-contoh pembuatan RKH RPPH, semoga artikel ini dapat membantu bagi Anda yang mempunyai tugas dalam membuat RPPH. Terima Kasih.


0 Response to "Contoh 8 Hari Membuat RKH RPPH PAUD Tema Binatang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel