Kunci Jawaban Modul 3 Pengenalan ABK

Kunci Jawaban Diklat Mandiri Jayagiri Modul 3 Pengenalan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Pendidikan Anak Usia Dini Diklat Dasar Dalam Jaringan (DARING) Bagi Pendidik PAUD.

Modul 3 Pengenalan ABK

Soal dan Penugasan kegiatan 1 Modul 3 - Pengenalan Anak Berkebutuhan Khusus PAUD Modul Diklat Dasar Dalam Jaringan (Daring) Bagi Pendidik PAUD

a. Telaah dan amati format lembar observasi dibawah ini!
b. Lakukan observasi atau pengamatan terhadap salah satu anak yang menurut Bapak/Ibu berbeda dengan anak-anak pada umumnya dalam satu kelas tersebut
c. Beri tanda ceklis di kotak evaluasi
d. Hitung hasil evaluasi dengan kecenderungan mana yang lebih banyak (ya/tidak)
e. Berikan analisis atau penjelasan terkaitkeadaan anak tersebut berdasarkan hasil observasi
f. Berikan pendapat apakah anak tersebut layak mengikuti pembelajaran PAUD bersama teman-teman lainnya.

Kunci Jawaban Soal dan Penugasan kegiatan 1 Modul 3 - Pengenalan Anak Berkebutuhan Khusus PAUD Modul Diklat Dasar Dalam Jaringan (Daring) Bagi Pendidik PAUD

Nama : Rafka Savaras
Usia : 5 tahun
Lahir Dengan Cara : Normal
Tanggal Observasi : 30 juli 2018


NO 
Pengembangan dasar
Evaluasi
Ya Tidak
Keterangan
01  Emosi:
• Dapat berpisah dengan pengantar
• Dapat beradaptasi di tempat baru
• Dapat mengontrol emosi dengan wajar
• Dapat beradaptasi dengan orang baru












Emosi pada anak tersebut
masih bisa dikendalikan
walaupun ada kesulitan
dalam hal Beradaptasi.
02  Konsentrasi
• Dapat melakukan kontak mata
• Ketika dipanggil namanya merespon



Anak ini tidak dapat
berkonsentrasi dengan sempurna
03 Motorik Kasar
• Berjalan lurus
• Berlari
• Merangkak
• Merayap
Motorik halus
• Dapat memegang pensil/benda dengan benar
• Dapat meraih  benda
















Secara motorik  anak tersebut
berkembang secara normal,
dapat berjalan berlari
sebagaimana anak semestinya
04 Bahasa
• Bahasa Reseptif
• Menyebutkan nama benda
• Bertanya
• Menjawab  pertanyaan
• Mengungkapkan keinginan
Bahasa  ekspresif
• Menunjuk benda
• Mengajak















Bahasa secara reseptif dan
ekspresif anak tersebut belum mampu
menyebutkan serta  menunjukan
keinginan yang ada dalam benaknya.

05 Kognitif
• Dapat membilang
• Dapat menghitung benda
• Dapat menyebutkan warna
• Mengenal huruf








Perkembangan secara Kognitif
 anak tersebut  tidak berkembang.
 Sebagaimana mestinya.
06 Kemandirian
• Memakai diapers
• Dapat melepas sepatu/kaos kaki
• Dapat makan  dengan mandiri






perkembangan secara Kognitif  
anak tersebut  tidak berkembang.
Sebagaimana mestinya.

Soal dan Penugasan kegiatan 2 Modul 3 - Pengenalan Anak Berkebutuhan Khusus PAUD Modul Diklat Dasar Dalam Jaringan (Daring) Bagi Pendidik PAUD

Peserta dibagi kedalam lima kelompok lalu dibagikan lembar kerja berupa contoh kasus yang harus dibahas, dianalisa,dipresentasikan, dan disimulasikan.

KASUS 1
Jika ada yang sering “tantrum” , mendaftar ke tempat anda, sedangkan anda merasa belum pernah menangani kasus seperti itu, sementara hanya lembaga anda yang menyelenggarakan PAUD di Desa tersebut, sikap apa yang akan anda ambil terhadap anak tersebut

KASUS 2
Di tempat anda setelah 1 semester ternyata ditemukan anak yang hyperaktif. Jika sedang tantrum anda sendiri sebagai gurunya cukup kewalahan. Sampai menjelang perpindahan ke semester baru anda belum dapat mengendalikan anak tersebut. Jika menghadapi situasi seperti ini, apa yang akan anda lakukan?

KASUS 3
Di awal tahun ajaran anda sudah menerima anak dengan masalah “hyperaktif”. Ternyata setiap hari anak tersebut selalu membuat masalah, mencubit temannya hingga menangis, memukul temannya, memecahkan kaca jendela, dan banyak ulah lainnya. Akibat ulahnya tersebut ada beberapa orang tua yang mengeluh karena anaknya merasa terganggu oleh anak tersebut. Beberapa orang tua meminta anda untuk mengeluarkan anak tersebut. Sikap dan tindakan apa yang akan anda lakukan?

KASUS 4
Jika di lokasi anda ada anak yang down syndrome, sikap dan tindakan apa yang akan anda lakukan untuk membantu anak tersebut dalam kegiatan belajar?

KASUS 5
Andi adalah seorang anak yang berusia 8 tahun. Dia telah terdaftar selama 2 tahun sebagai siswa di kelompok belajar anda. Berdasarkan informasi dari orang tuanya, hasil diagnose dokter menunjukkan bahwa kemampuan Andi setara dengan anak usia 3 tahun. Orang tua Andi meminta bantuan anda untuk melatih Andi agar siap masuk ke Sekolah Dasar pada tahun ajaran baru karena usianya sudah lebih dari 7 tahun. Apa sikap dan tindakan Anda menghadapi situasi tersebut?

Jawaban Soal dan Penugasan kegiatan 2 Modul 3 - Pengenalan Anak Berkebutuhan Khusus PAUD Modul Diklat Dasar Dalam Jaringan (Daring) Bagi Pendidik PAUD

Kasus 1
Sikap yang saya ambil ketika menerima seorang siswa yang mempunyai kebutuhan khusus, akan tetap menerima anak tersebut sebagai siswa di sekolah saya, walaupun saya tidak mempunyai pengalaman dalam menghadapi siswa yang sering tantrum, karena adalah hak setiap anak dalam mendapatkan perhatian, kasih sayang sekaligus pelajaran.

Kasus 2
Jika saya mendapati kasus seorang anak yang hyperaktif yang sering tantrum disekolah hingga menjelang akhir semester pertama, saya akan tetap tenang dan fokus untuk tetap mencoba mengendalikan anak tersebut dan memberikan ketenangan kepada siswa yang lain bahwa semuanya tertap terkendali dan akan baik-baik saja.

Kasus 3
Tindakan yang akan saya ambil jika mempunyai seorang siswa yang hyperaktif dan sering menggaganggu temannya adalah dengan mencoba mengendalikannnya dan menjauhkan perilaku berbahaya terhadap dirinya serta teman di sekelilingnya, sambil memastikan kepada orang tua murid yang merasa terganggu bahwa semua akan tetap baik-baik saja dan anak tersebut akan tetap menjadi bagian dari siswa sekolah yang saya didik.

Kasus 4
Sikap dan tindakan yang akan saya ambil terhadap anak down syndrome dalam membantu belajar yaitu memberikan terapi dan training yang diperlukan oleh anak down syndrome agar meningkatkan fungsi tubuhnya. Tujuan dari training dan terapi tersebut adalah untuk meningkatkan keseimbangan dan kekuatan tubuh untuk mempermudah mobilitasnya sekaligus membantu dalam hal belajar.

Kasus 5
Menyarankan orang tua agar memasukan andi ke Sekolah Luar Biasa, karena fasilitasnya akan lebih menunjang untuk Andi. Apalagi sudah ada diagnosa dokter. Jika tidak mau, kami akan mendidik andi sesuai kemampuan anak usia 3 tahun, karena dipaksakan bagaimanapun kemampuan andi sulit menerima rangsangan yang tidak sesuai dengan kemampuannya. Kesadaran orang tua sangat diperlukan, bahwa andi istimewa. Tidak boleh ada kata malu untuk memberi yang terbaik untuk andi.

Baca juga...!
Kunci Jawaban Modul 1 Pendidikan Konsep Dasar Paud
Kunci Jawaban Modul 2 Perkembangan Anak Pendidikan Anak Usia Dini

0 Response to "Kunci Jawaban Modul 3 Pengenalan ABK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel