Kunci Jawaban Modul 1 Tugas Mandiri Paud Daring Jayagiri

Kunci Jawaban Tugas Mandiri Diklat Dasar PAUD Daring Jayagiri Modul 1 Pendidikan Konsep Dasar PAUD. Berikut ini saya lampirkan beberapa tugas Diklat Daring dari modul 1 hingga 9 yang pernah penulis alami ketika mengikuti kegiatan Diklat Dalam Jaringan (DARING) tahun 2018 kemarin.

Salah satu persyaratan yang harus dilalui oleh peserta Diklat DARING adalah mempelajari modul Diklat Dasar PAUD Daring serta menjawab pertanyaan dari Modul yang telah di berikan oleh Panitia Pelaksana DARING. Modul sendiri di berikan melalui media online yang harus di unduh dan dipelajari oleh semua peserta DARING di situs daring jayagiri kemudian menjawab semua pertanyaannya lalu dikirimkan jawaban tersebut di lampiran dan kolom yang telah disediakan di dalam situs DARING Jayagiri. Berikut Kunci Jawaban Tugas Modul 1 Pendidikan Konsep Dasar PAUD Diklat Dasar PAUD Daring (Dalam Jaringan).

Manfaat Buah Markisa serta Khasiatnya

Pendidikan Konsep Dasar PAUD

Kunci jawaban Modul 1 Pendidikan Konsep Dasar PAUD

1.Pertanyaan Kegiatan 1

Diskusikan dengan teman-teman dikelompok, Kemudian Jelaskan secara singkat /garis besarnya tentang landasan Filosofis PAUD menurut Para Filsuf dibawah ini:

1. Johann Heinrich

2. Maria Montessoi

3. Froebel

4. JJ Rousseau

5. Jean Piaget dan Lev Vigotsky

6. Ki Hadjar Dewantara

Jawaban Kegiatan 1

Penjelasan singkat tentang landasan filosofis PAUD menurut para Filsuf

1. Johann Heinrich Pestalozzi : Pestalozzi berkeyakinan bahwa segala bentuk pendidikan adalah berdasarkan pengaruh panca indra dan percaya bahwa cara belajar yang terbaik untuk mengenal berbagai konsep adalah dengan melalui dengan berbagai pengalaman.

2. Maria Montessori : Montessori memahami bahwa pendidikan merupakan aktifitas diri yang mengarah pada pembentukan disiplin pribadi, kemandirian dan pengarahan diri.

3. Friedrich Wilhelm Augus Froebel : Froebel memandang anak sebagai individu yang pada kodratnya mempunyai sifat baik. Dan setiap anak mempunyai potensi dan potensi itu akan hilang jika tidak dikembangkan.

4. JJ Rousseau : Rousseau menyarankan konsep "kembali ke alam" dalam pendidikan terhadap anak karena menurutnya pendidikan yang bersifat alamiah dapat menghasilkan dan memacu kualitas semacam kebahagiaan, spontanitas dan rasaa ingin tahu.

5. Jean Piaget dan Lev Vigotsky : Jean Piaget dan Lev Vigotsky memberikan pemahaman tentang pendidikan anak usia dini dengan menganut paham konstruktivisi, yaitu anak adalah pembangun pengetahuan yang aktif.

6. Ki Hajar Dewantara : Ki Hajar Dewantara memandang anak sebagai kodrat alam yang memiliki pembawaan masing-masing serta kemerdekaan untuk berbuat serta mengatur dirinya sendiri.

Kunci Jawaban Modul 2 Tugas Mandiri Paud Daring Jayagiri 
Kunci Jawaban Modul 3 Pengenalan ABK

Pertanyaan Kegiatan 2

Diskusikan dengan teman-teman dikelompok, Kemudian Jelaskan secara singkat /garis besarnya tentang 10 Prinsip dasar PAUD dan berikan contoh sesuai dengan pengalaman pada KBM di lembaga anda.

Jawaban Kegiatan 2

Prinsip Dasar PAUD adalah panduan penting dalam pelaksanaan pembelajaran untuk anak usia dini. Adapun 10 dasar prisnsip PAUD diantaranya :

1. Belajar Melalui Bermain: Anak di bawah usia 6 tahun berada pada masa bermain. Pemberian rangsangan pendidikan dengan cara yang tepat melalui bermain.

2. Sesuai Pada Perkembangan Anak: Pembelajaran untuk anak usia dini harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak, baik usia maupun dengan kebutuhan individual anak.

3. Mengembangkan Kecerdasan Anak: Pembelajaran harus Senantiasa berorientasi kepada kebutuhan anak seperti kebutuhan fisik, kasih sayang serta rasa aman.

4. Berpusat Pada Anak: Pendidik harus menciptakan suasana yang bisa mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian

5. Pembelajaran Aktif: Pendidik harus mampu menciptakan suasana yang mendorong anak aktif mencari, menemukan, menentukan pilihan, mengemukakan pendapat, dan melakukan serta mengalami sendiri.

6. Berorientasi pada Perkembangan Nila-nilai Karakter: Pemberian rangsangan pendidikan diarahkan untuk mengembangkan nilai-nilai yang membentuk karakter yang positif pada anak.

7. Mengembangkan Kecakapan Hidup: Pendidikan anak usia dini mengembangkan diri anak secara menyeluruh (the whole child).

8. Didukung oleh lingkungan yang kondusif: Untuk menciptakan lingkungan yang kondusif, lingkungan pembelajaran sebaiknya diciptakan sedemikian rupa sehingga dapat menarik, menyenangkan, aman, dan nyaman bagi anak.

9. Pembelajaran yang Demokratis: Pembelajaran yang demokratis sangat diperlukan untuk mengembangkan rasa saling menghargai antara anak dengan pendidik,

10. Pemanfaatan Media Belajar: Penggunaan media belajar, sumber belajar, dan narasumber yang ada di lingkungan PAUD bertujuan agar pembelajaran lebih kontekstual dan bermakna.

0 Response to "Kunci Jawaban Modul 1 Tugas Mandiri Paud Daring Jayagiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel